Pentingnya mengikuti kegiatan MGMP


Ada pertanyaan seorang guru (atau bahkan mungkin, banyak guru) apa sih pentingnya mengikuti kegiatan MGMP di tengah sibuknya kita mengajar? Ya.. sekilas memang kita akan merasa berat atau mungkin malas untuk mengikuti kegiatan MGMP. Di samping kita harus meluangkan waktu, kita juga perlu meluangkan tenaga (kadang kegiatan MGMP berlangsung sampai 3 hari atau lebih) dan juga menyisihkan sebagian rizki kita untuk terlaksananya kegiatan MGMP.

Bagi guru PNS, apalagi yang sudah sertifikasi (guru profesional), saya pikir mereka sudah paham betul akan pentingnya mengikuti kegiatan MGMP. Sedangkan bagi guru sekolah swasta, baik itu yang sudah sertifikasi maupun yang belum, kegiatan MGMP berfungsi untuk:

  1. Sharing pengalaman dan pengetahuan. Jadinya kita bisa bertambah wawasan.
  2. Dapat sertifikat dari Dinas Pendidikan yang bisa berguna untuk keperluan peningkatan  golongan (khusus PNS), sertifikasi (maaf, saya guru GTT sekolah swasta dan belum sertifikasi, jadi tidak tahu persis)
  3. Bisa bertukar data RPP, Administrasi Guru, Media Pembelajaran, dll
  4. Tambah teman

Namun apapun kegiatan MGMP, sepanjang kita tidak meninggalkan tugas sebagai guru (mengajar), memang sebaiknya kita perlu untuk ikut serta.

 

Tinggalkan komentar