Dicari….!!!! Siswa yang baik


Ya… Pada saat ini rasanya susah mendapatkan siswa yang berperilaku sopan, yang menghormati dirinya sendiri, teman maupun guru dan lingkungan sekolah. Yang mau dan tunduk pada aturan sekolah, yang bersedia belajar dan memperhatikan guru yang mengajar, yang tidak bersedia ikut dalam geng dan perkelahian sesama pelajar / tawuran. Yang bisa mengendalikan diri untuk tidak berbuat yang melanggar hukum dan perbuatan tidak baik lainnya.

Apakah guru yang selalu disalahkan? apakah peran guru saat ini dalam mendidik kurang bisa menghasilkan siswa yang baik? apakah perlu guru harus menghardik, menghukum, menampar, ataupun menendang siswa, agar siswa tersebut patuh dan tunduk serta tidak mengulangi perbuatan yang melanggar aturan sekolah, sehingga guru akhirnya harus berurusan dengan pihak keluarga siswa tersebut dan pihak yang berwenang?

Lalu dimanakah letak peran orang tua dan lingkungan dimana siswa tinggal? Aduh rasanya jadi guru sekarang semakin berat. Posisi tawar guru sekarang juga kalah dengan siswa. Pada akhirnya pendidikan hanyalah formal untuk mendapatkan ijasah tanpa berusaha untuk mendapatkan ilmu, apalagi untuk mendapatkan kematangan cara berfikir dan berperilaku, sehingga bisa diharapkan sebagai generasi penerus yang akan datang.

Siswa yang baik, dimanakah dikau….????

3 responses to this post.

  1. hehehe… siswa yang bandel jangan dipukul, berabe… mending dikasih tugas yang berat, misalnya disuruh buat rangkungan buku, atau membuat makalah, dsb. dengan hukuman begini, siswa bandel pasti kapok, sekaligus dapat ilmu dari membuat tugas tsb. beres deh….

    Balas

  2. Posted by Lilis,s.k on 21 Oktober 2009 at 7:10 am

    untuk menhukum siswa cukup dng teguran yg maniiiiiiis dia akan merasa malu,karena pendidik yg baik tak perlu menghukum scra kasar jadi harus bijaksana,insyaallah lama2 murid akan bersikap baik seperti sikaf dan sifatmeniru drgurunya

    Balas

  3. Posted by Ali on 22 Oktober 2009 at 4:36 pm

    Kalau diberi hukuman berat siswanya gak mau kerjakan, ditegur manis, siswanya tersenyum sinis. Jadi gurunya mesti gimana lagi ya?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: