Spektrum Kurikulum SMK 2009


Teman saya adalah seorang guru Teknik Audio Video SMK. Beberapa waktu yang lalu dikirim ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan penyusunan materi untuk KTSP SMK. Oleh-oleh dari pelatihan itu adalah berupa spektrum kurikulum SMK yang nantinya diimplementasikan di sekolah saya (SMK) dan juga sekolah SMK yang lain di seluruh Indonesia.
Isi kurikulum tersebut adalah perubahan kecil s.d. besar dari kurikulum yang berlaku saat ini (sebelumnya). Contohnya, saat ini ada perubahan nama jurusan / program keahlian dari Teknik Mekanik Otomotif menjadi Teknik Kendaraan Ringan. Teknik Pemanfaatan Energi Listrik menjadi Teknik Instalasi Tenaga Listrik, dan sebagainya.
Namun jika dilihat dari KTSP yang “konon katanya”, materi pelajaran bisa diserahkan oleh masing-masing sekolah (bisa ditambah atau dikurangi) asalkan masih dalam lingkup kurikulum yang ada (KTSP), tapi pada spektrum kurikulum 2009 yang baru ini, masing-masing jurusan WAJIB menerapkan spektrum kurikulum yang baru (khususnya kelas IX), yang isinya berbeda dari kurikulum yang lama. Misalnya kata teman saya tersebut, sekolah belum siap menerapkan spektrum kurikulum yang baru tersebut karena belum mempunyai peralatan praktek yang dibutuhkan atau disyaratkan.
Khusus jurusan TKJ, kita masih bisa bernafas lega, karena spektrum tersebut tidak beda jauh dengan kurikulum yang diajarkan saat ini. Walaupun ada penambahan materi (misalnya Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan Hidup), namun kiranya tidak begitu banyak yang diubah dalam hal materi pembelajaran, alat praktek, dan sebagainya.
Dengan demikian SMK wajib menerapkan KTSP itu yang mengacu pada spektrum kurikulum yang baru (2009) dengan beberapa perubahan, atau mungkinkah nanti akan dibuat kurikulum yang baru pengganti KTSP seiring dengan pergantian Presiden dan kabinetnya? Semoga saja apapun kurikulumnya, siap presidennya, siapa mendiknasnya, pendidikan di Indonesia menuju pada kemajuan demi bangsa dan negara Indonesia.

About these ads

108 thoughts on “Spektrum Kurikulum SMK 2009

  1. pengen banget jadi guru produktif punya kenyamanan yang sama salam mengajar dengan guru normatif dan adaptif. Buku modul lengkap ada dipasaran, tinggal suruh siswanya beli sendiri, trus silabusnya jelas, rpp nya tersedia banyak (buat contoh), trus ada bayangan buat UKK teori dan Prakteknya (Standart buat seluruh Indonesia), ga kayak sekarang, kita ga tau sekolah A ngajar lain, sekolah B ngajar lain. kan sekolah jadi ga standar…. Okelah, kalo ada sekolah ngasi ilmu PLUS, tapi stadartnya sudah dikuasai semua.

    • Pak Silabusnya sudah dapat belum ya? kalo sudah dapat mohon saya juga dikasih ya….. Saya juga sangat butuh silabus dan rpp agribisnis tanaman pangan dan hortikultura itu. Terima kasih.

  2. tolong kirimi saya silabus dan rpp agribisnis ternak unggas. atau dimana saya bisa mendapatkannya.saya sangat membutuhkannya.

  3. tolong kirimi saya silabus, rpp dan kurikulum smk otomotif. atau tolong diberi petunjuk dimana bisa mendapatkannya.
    Makasih sebelumnya

  4. bisa kirimi saya kurikulum teknik instalasi tenaga listrik (TITL) spekrum kurikulum 2009 dalam setahun! atas infonya terima kasih banyak… saya tunggu balasannya

  5. Jgn hnya bs ubah2 kurikulum donk!!!!!!!!…….. yg penting dihilangkan……..materi yg ditambah ga ada alat………wah bisa2 libur ga jadi pelajran!!! pye jal? Tolong disurvey ke beberapa lembaga………trims

  6. Guru produktif smk saat ini kayak anak ayam kehilangan induk g tau apa yang harus dikerjain soalnya kita harus bisa buat standart pendidikan sendiri. Udahlah g usah bingung jalanin aja soalnya dari atas juga gitu (alias sama bingungnya dengan kita-kita) ya to . . . . . ????????

  7. Kalau Anda nyari kurikulum SMK, rpp dsb di internet yang berkaitan dengan Spektrum Kurikulum SMK yang baru pasti g bakal ketemu, soalnya semua pada bingung . . . . yang mau diupload apa.

  8. Ya…emang sih saya yang baru masuk mengajar juga bingung, ketika sama kasek di suruh bikin silabus dari spektrum yang baru…lha….saya baru aja gabung……

    ada yang mo bantu?

  9. saya guru bidang peternakan. ada gak spektrum untuk bidang produktif jurusan peternakan. kalau ada saya harap dengan sangat untuk mempublishnya disini. terima kasih

  10. Terima kasih atas semua postingnya, saya minta bantuan kepada pihak yang memostingkan ini, saya ingin mendownload Silabus Teknik Gambar Bangunan kok sulit bagt ya, kayake kok nggak ada. terima kasih sebelumnya. semoga ini bermanfaat bagi pendidikan di Indonesia. Atas Nama Keluarga Besar SMK Negeri 1 Juwangi-Boyolali

  11. apa ada juga penyesuaian dengan mata pelajaran normatif seperti agama ? kalau ada, apa boleh dikirimi ke kami ? Trims sebelumnya ya…..

  12. Silahkan download permendiknas No. 75 tahun 2009 tentang Ujian negara tahun 2009/2010 beserta lampirannya. Silahkan didownload untuk persiapan dini ujian negara SMK-SMA-SMP-MI/SD.

    Thanks U
    Happy DOnwload

  13. Tolong spektruk kurikum agrobisnis tanaman perkebunan dikirim ke SMK Negeri 1 Huristak, Desa Huristak, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas, prov. Sumatera Utara

  14. tolong dong pak depdiknas agar nanti ujian nasionalnya muridnya tidak jadi di silang masa di pemalang ujiannya disilang( mengerjakan di sekolah lain )

  15. mohon saya dikirimkan materi kurikulum teknik gambar bangunan spektrum 2009. silabus dan rpp nya khusus mata diklat desain interior
    terimakasih sebelumnya

  16. kepada Yth. :
    Bapak / Ibu Pimpinan / Pengelola
    di tempat

    mohon kiranya kami dikirim kurikulum terbaru SPEKTRUM KTSP terbaru, agar kami bisa melaksanakan pembelajaran den gan arah yang pasti dan jelas. terima kasih

  17. trima kasih nih informasinya, Toloong dikirimin dong spektumnya ke alamatku, atau bisa download di alamat mana? Tkank

  18. Untuk para guru,janganlah engkau menjadi PEMALAS. Untuk silabus dan RPP seharusnya yang membuat adalah guru sendiri. Kalau anda tidak bisa membuat silabus dan RPP, lebih baik anda kembali kuliah saja.

  19. Mohon dengan sangat bangi yang masih ada rasa kasihan, kami dikirimi silabus, rpp untuk spektrum 2008 program kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan, Teknik Sepeda Motor, matus suwun sanget

  20. proses pembelajaran di SMK berjalan terus…kurikulum berubah ….cari spektrum kurikulum SMk terbaru di internet sampai sekarang sulitnya bukan main….mbok iyao hal-hal seperti itu di upload di internet yang mudah di akses..tq

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s